Etika Berkendara Saat Hujan

Nolep.ID – Berkendara saat kondisi hujan itu susah-susah gampang. Kondisi jalan yang tidak bisa ditebak dan cuaca yang tidak mendukung membuat kita harus sangat berhati-hati saat berkendara. Skill berkendara yang baik dapat memudahkan kita saat menerobos hujan untuk memperkecil resiko terjadinya kecelakaan. Selain itu etika juga tidak kalah penting.

Memiliki skill berkendara yang benar tapi etika berkendaranya buruk. Itu sama saja memperbesar resiko terjadinya kecelakaan. Baiknya pengendara memiliki skill yang benar dan etika yang baik.

Berikut Etika Berkendara Saat Hujan

Menghormati Sesama Pengguna Jalan

Bukan kalian saja yang menggunakan jalan. Ada banyak pengguna jalan lainnya dan berbagai macam kendaraan yang digunakan. Tidak usah arogan mentang-mentang kendaraan kalian yang paling proper saat hujan.

Tidak Usah Buru-buru Cepat Sampai

Tidak usah ngebut saat berkendara saat hujan. Jalan yang sangat licin membuat kita mudah tergelincir. Biasanya pengendara motorlah yang memacu motornya dengan kecepatan tinggi, seolah-olah sedang dikejar hujan. Bawalah kendaraan dengan pelan dan hati-hati asal selamat. Ikutilah kecepatan kendaraan lainnya.

Nyalakan Lampu Utama

Selain untuk menerangi jalan, menyalakan lampu utama juga bertujuan agar pengendara dari lawan arah bisa melihat posisi kamu dan kamu bisa melihat posisi kendaraan lain. Saat terjadi kabut, lampu utama juga berfungsi untuk menembus kabut agar kita bisa melihat jalan didepan.

Tidak Usah Menyalakan Lampu Hazard

Lampu hazard berfungsi untuk memberitahu pengendara lain bahwa kendaraan kita sedang dalam kondisi darurat. Sedangkan saat hujan bukanlah saat kondisi darurat. Jadi tidak usah menyalakan lampu hazard.

Jaga Jarak Aman

Etika berkendara saat hujan selanjutnya yaitu jaga jarak antar kendaraan di depan dan di belakang. Agar kita bisa reflek menghindar saat terjadi insiden yang tidak diinginkan.

Gunakan Jas Hujan Yang Proper

Gunakan jas hujan yang dapat melindungi seluruh badan atau jas hujan setelan. Tidak disarankan menggunakan jas hujan model ponco. Karena tidak efektif dan sangat berbahaya. Bentuknya yang panjang membuatnya sangat rawan masuk ke celah-celah rantai atau velg. Selain itu, bentuknya yang lebar membuat jas hujan ini sangat mudah terbang tertiup angina dan dapat mengganggu pengendara sekitarnya.

Tidak Berhenti Disembarangan Tempat

berkendara saat hujan

Berhentilah pada tempat yang aman seperti pertokoan atau minimarket. Jangan berhenti di terowongan atau di bawah jembatan layang, karena dapat menimbulkan kemacetan. Boleh berhenti sebentar untuk memakai jas hujan atau menyimpan barang ketempat yang aman dari air.

Itulah etika berkendara saat hujan. Yang terpenting kita harus sadar akan keselamatan diri sendiri dan keselamatan orang lain.

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124