Tempat Wisata di Jakarta Pusat

Nolep.ID – Nah, di sini kami membagikan beberapa referensi tempat wisata paling keren di Jakarta Pusat yang wajib anda kunjungi. Berikut tempat wisata di Jakarta Pusat yang wajib di kunjungi.

1. Monumen Nasional (MONAS)

Tempat wisata di Jakarta Pusat pertama yaitu Monas, masyarakat Indonesia sudah mengetahui tempat ini. Ya, Monas atau Monumen Nasional. Monas dapat dikatakan sebagai ikon kota Jakarta di seluruh dunia. Monumen Nasional ini awalnya digunakan untuk memperingati perjuangan melawan penjajah. Di gedung setinggi 132 meter ini, Anda bisa melakukan hal-hal menyenangkan seperti mengingat sejarah perjuangan dengan melihat banyak diorama yang menggambarkan perjuangan masyarakat Indonesia melawan penjajah saat itu.

Selain itu, Anda juga bisa melihat hiruk pikuk Jakarta dari atas Tugu dan tak lupa berfoto dengan berfoto. Masyarakat sekitar juga kerap memanfaatkan area lapangan Monas untuk fasilitas olahraga seperti jogging, futsal, bersepeda dan sebagainya. Tiket masuk ke Monas tentu terjangkau, hanya Rp 10.000 untuk anak-anak dan Rp 20.000 untuk orang dewasa, Anda sudah bisa membawa keluarga dan teman-teman Anda berlibur serta belajar sejarah. Monumen di Gambir di area ini buka setiap hari dari pukul 08:00 sampai 21:00.

2. Gereja Katedral

wisata jakarta pusat

Berdasarkan penelitian salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Jakarta, Gereja Katedral merupakan salah satu gereja terindah yang berlokasi di Indonesia. Gereja ini dibangun pada masa penjajahan Belanda sekitar tahun 1807. Selain struktur bangunan klasik Belanda dengan gaya arsitektur neo-gotik, gereja ini sangat terkenal karena pernah mengalami kebakaran seiring dengan terbakarnya area senen untuk menghanguskan beberapa bagian gereja. 

Tidak kelelahan dengan kebakaran tersebut, bangunan tersebut juga roboh karena masalah konstruksi. Gereja ini terletak tepat di depan Masjid Istiqlal, ini menunjukkan betapa toleransi dan kehidupan saling menghormati antar umat beragama. Gereja ini buka pada masa ibadah dan telah menjadi cagar budaya Indonesia sejak tahun 1993.

3. Masjid Istiqlal

tempat wisata di jakarta pusat

Masjid Istiqlal adalah masjid terbesar di Asia Tenggara. Tak heran jika banyak pihak berwajib di dunia ang datang ke Masjid di Jalan Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Dari Barrack Obama hingga Raja Salman, masjid kebanggaan di Jakarta ini telah dikunjungi. 

Anda dapat melakukan banyak kegiatan di sini. Mulai dari kegiatan keagamaan seperti peringatan Hari Besar Islam dan ceramah keagamaan, kegiatan sosial, hingga menikmati lingkungan yang teduh. Setiap hari ratusan orang mampir ke masjid ini dari sekadar mampir untuk ber berkunjung ke sana. Bagaimana tertarik mengunjungi masjid yang indah ini?

4. Balai Kota DKI Jakarta

tempat wisata jakarta pusat

Bangunan yang masih sangat kental dengan gaya Eropa ini merupakan peninggalan pemerintah Belanda yang menjadi kantor resmi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Meski kental dengan nuansa Belanda, bangunan ini masih berdiri kokoh dan estetis hingga saat ini. Balai Kota DKI Jakarta tidak membebankan biaya bagi pengunjung, tentunya ada beberapa aturan sampai beberapa ruangan yang tidak boleh masuk ke sini ya.

Di sini, Anda bisa melakukan banyak hal mulai dari menjelajah gubernur dan wakil gubernur, berfoto selfie, wisata kuliner hingga melihat Jakarta Smart City milik pemerintah. Yang harus anda ingat adalah bangunan yang terletak di kawasan Gambir ini hanya dibuka untuk umum pada hari Sabtu dan Minggu!

5. Taman Suropati

wisata jakarta pusat

Meski kera Jakarta dijuluki Provinsi Seribu Mal, Jakata juga memiliki taman keren yang terletak di pusat kota yaitu Taman Suropati. Taman yang terletak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat ini selalu ramai terutama di akhir pekan. Masyarakat yang ingin berolahraga, menyalurkan hobi, bertemu masyarakat atau sekedar bersantai dan sering mengunjungi taman ini. Selain pepohonan yang rindang, banyak seniman jalanan yang akan menghibur Anda dengan pertunjukan yang luar biasa.

6. Museum Tekstil

tempat wisata di jakarta pusat

Museum Tekstil terletak di Jalan Aipda KS Tubun Nomor 2-4, Jakarta Pusat. Museum ini dibangun oleh Gubernur Jakarta pada tahun 1976, Bapak Ali Sadikin yang bertujuan untuk melestarikan berbagai koleksi tekstil yang dimiliki Indonesia. Selain itu, museum ini dibangun untuk menghormati jasa Ibu Tien Soeharto. 

Sesuai dengan tujuan pengembangannya, museum ini menampilkan berbagai koleksi tekstil dari seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang sangat kaya akan keunikan. Berbagai koleksi dari museum ini diharapkan dapat memberi tahu siapa saja bahwa perbedaan suku dan daerah dapat dikombinasikan menjadi indah.

Museum ini buka dari pukul 09.00 hingga 16.00 WIB dari Selasa hingga Minggu dan hanya memiliki tiket Rp 2.000 hingga Rp 5.000. Di museum ini, pengelola juga mengadakan pelatihan membatik didampingi para pembatik profesional, dengan hanya dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 40.000 untuk pengunjung lokal dan Rp 75.000 untuk pengunjung mancanegara Anda sudah bisa membawa pulang batik Anda.

7. Museum Kebangkitan Nasional

tempat wisata di jakarta pusat

Ketika mempelajari sejarah tentu saja Anda akrab dengan kata STOVIA. Ya, School tot Opleiding van Inlandsche Artsen atau STOVIA adalah sekolah kedokteran pada masa penjajahan Belanda di Indonesia. Dan bangunan yang menjadi bangunan stovia di masa lalu, sekarang telah berfungsi sebagai Museum Kebangkitan Nasional. 

Di sini, ada banyak informasi tentang sejarah kebangkitan nasional Indonesia serta berbagai keselahan medis, khususnya di Indonesia. Museum ini terletak di Jalan Dr Abdul Rahman Sale Nomor 26 Jakarta Pusat yang tidak jauh dari Pasar Senen. Museum dengan penerimaan Rp 2.000 ini buka mulai Selasa hingga Minggu mulai pukul 08:30 WIB dan tutup pukul 16.00 WIB

8. Planetarium Jakarta

tempat wisata di jakarta pusat

Berlibur sambil memperkenalkan anak-anak ke berbagai benda surgawi tentu akan menyenangkan, dan di Jalann Cikini Raya, Jakarta Pusat, Planetarium adalah tempat wisata yang sempurna untuk mengisi akhir pekan atau liburan panjang Anda. Selain menampilkan berbagai macam benda langit seperti rasi bintang, meteor, planet, dan komet serta penjelasan terperinci, planetarium menyediakan berbagai macam pertunjukan ruang yang akan membuat liburan Anda semakin menyenangkan.

Planetarium buka setiap Selasa hingga Minggu dari pukul 09:00 sampai 16:30, untuk hari Senin dan Hari Libur Nasional. Harga tiket yang ditawarkan juga murah meriah yaitu hanya Rp 7.000 (untuk pengunjung usia 2 tahun tingkat SD) dan p 12.000 (untuk pengunjung SMP-dewasa). Itulah tempat wisata di Jakarta Pusat yang mengenai planet-planet.

9. Gedung Kesenian Jakarta

tempat wisata di jakarta pusat

Salah satu cagar budaya yang berlokasi di Sawah Besar Jakarta Pusat, hingga saat ini masih aktif difungsikan sebagai tempat pertunjukan seni budaya seperti teater, drama musikal, pertunjukan tari, hingga resital piano. Gedung neo renaissance ini terletak di kelurahan Pasar Baru, Sawah Besar Jakarta Pusat. Begitu masuk, Anda akan kagum dengan interior yang megah dan mewah. Tentunya Anda akan merasa seperti berada di Eropa pada abad ke-19. Gedung Kesenian Jakarta hanya akan dibuka ketika ada acara atau pertunjukan di dalamnya.

10. Taman Situ Lembang

taman situ lembang di jakarta pusat

Tempat wisata di Jakarta Pusat yang terakhir yaitu Taman Situ Lembang merupakan salah satu taman tertua yang terletak di tengah perumahan Menteng (Jalan Teuku Umar). Lokasi agak tersembunyi dibandingkan dengan Park Suropati yang terletak di sisi jalan yang bagus. Sejalan dengan namanya Situ yang berarti Danau, taman ini memiliki danau kecil yang alami karena memiliki sumber air dan bukan danau buatan. Di taman ini, Anda dapat memancing, berolahraga, dan bermain fasilitas permainan yang aman untuk anak-anak.

Oke, itu informasi lengkap mengenai referensi 10 tempat wisata di Jakarta Pusat untuk dikunjungi. Sebenarnya banyak lagi wisatanya, tetapi kita merekomendasikan 10 ini yang menarik. Selamat Hari Libur!

Leave a Reply

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124